Injeksi rel bersama atau dalam bahasa
Inggris disebut dengan common-rail injection adalah salah satu metode injeksi
bahan bakar ke dalam ruang bakar dengan sistem penghasil tekanan ditempatkan terpisah dari injektor itu sendiri. Dalam injeksi rel bersama diperlukan suatu penampung
tekanan tinggi yang terdiri dari rel dan jalur bahan bakar tekanan tinggi
menuju nosel. Tekanan injeksi dapat diatur terpisah dari
putaran mesin dan kuantitas bahan bakar yang terinjeksikan dapat diatur menurut
batasan tertentu. Tekanan di dalam penampung dapat mencapai 1.600 bar dan
dialirkan melalui pipa tegar menuju injector.
Sistem injeksi rel bersama umum digunakan untuk efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan pengurangan emisi mesin diesel. Hasil
akhir dari penggunaan sistem ini adalah pembakaran yang optimal dalam semua rentang beban.
Kelemahan dari sistem injeksi rel bersama adalah tekanan kerja
yang sangat tinggi menyebabkan ketegangan material yang tinggi. Implikasi dari
hal ini adalah risiko kebakaran dan ledakan yang tinggi bila terjadi kebocoran
sehingga perlu penempatan yang hati-hati dari sistem injeksi.
Berkas:Picture2.jpg Diatas adalah common-rail (Pic1)dan ECU
(Pic2),yang merupakan penggerak utama dari mesin injektor rail bersama. Pada
mesin ini, minyak (solar)di pompa keluar dari tangki oleh pompa bertekanan
rendah menuju saringan, dari saringan solar bergerak menuju pompa dengan
tekanan tinggi (1600-2200bar) menuju ke rail, dan diteruskan ke injektor.
Penggerak daripada injektor itu adalah arus listrik, dimana arus tersebut
diberikan oleh ECU yang mendapat sinyal dari sensor-sensor yang terdapat pada
mesin.
Sistem injeksi rel bersama ini telah membawa revolusi teknologi
mesin diesel. Robert Bosch GmbH, Delphi Automotive Systems, Denso Corporation, dan Siemens VDO adalah para supplier utama untuk sistem injeksi rel bersama.
Tiap-tiap pabrikan mempunyai nama mereka masing-masing untuk teknologi ini:
§ Fiat Group (Fiat, Alfa
Romeo dan Lancia): JTD (juga dinamai MultiJet, JTDm, Ecotec CDTi, TiD, TTiD , DDiS, Quadra-Jet)
§ General Motors Opel/Vauxhall: CDTi (diproduksi oleh Fiat, Isuzu dan GM Daewoo) serta
model awal DTi
§ Mazda: MZR-CD (1.4 MZ-CD, 1.6 MZ-CD diproduksi denga joint ventura dengan Ford/PSA
Peugeot Citroën) serta model awal DiTD
§ PSA
Peugeot Citroën: HDI atau HDi (1.4HDI, 1.6 HDI, 2.0 HDI, 2.2 HDI dan V6 HDI dikembangkan secara
joint ventura dengan Ford)
§ Volvo 2.4D dan mesin D5 (1.6D, 2.0D diproduksi oleh Ford dan PSA Peugeot Citroen), Mesin Volvo Penta Seri-D
0 komentar:
Posting Komentar